
TEMPO Interaktif, Jakarta:
Hello Kitty, karakter sangat populer asal Jepang itu, bersiap berulang tahun ke-35. Dari sebuah karakter yang ditempel di dompet plastik untuk tempat recehan, sekarang Hello Kitty, yang "resmi" lahir 1 November 1974, ada di seluruh dunia bahkan menjadi duta besar pariwisata Jepang.
Tepat pada 1 November mendatang, Sanrio--yang memproduksi Hello Kitty--bakal menggelar pameran produk-produk Hello Kitty di seluruh toko mereka yang tersebar di seluruh dunia. Sekarang, beberapa tempat, suasana ulang tahun ini sudah terasa. Misalnya saja, ada pameran di Seoul Korea Selatan.
Sejumlah media terkemuka, seperti majalah berita terkemuka Time, bahkan sudah memajang cerita panjang soal karakter imut yang digemari anak-anak perempuan dan gadis remaja itu di seluruh dunia itu.
Hello Kitty pertama diluncurkan oleh Sanrio pada 1975, dengan produk pertama dompet recehan dari plastik. Mereka membuat karakter Hello Kitty dengan sangat serius. Ia seperti seseorang--maksudnya kucing--yang benar-benar ada. Jadi, ada kisah hidup dan daftar kegemarannya.
Hello Kitty resminya adalah "kucing" Inggris yang tinggal di pinggiran London dengan nama lengkap Kitty White. Ini dimulai karena pada awal 1970-an, di Jepang banyak yang membaca dongeng "Alice in Wonderland" yang berlatar belakang Inggris. Selain itu, kata perancangnya, Yuko Yamaguchi, saat itu Sanrio sudah memiliki karakter yang berlatar belakang Amerika Serikat.
Begitu pula dengan pacar Hello Kitty, Dear Daniel, selama 15 tahun belakangan. Karaker Daniel baru diperkenalkan setelah artis Jepang mulai terus terang mengakui mereka memiliki pacar. Sebelumnya, artis Jepang takut mengaku memiliki pacar karena cemas penggemarnya pergi. Mengikuti tren itu, karakter Hello Kitty pun memiliki pacar.
Para perancang di Hello Kitty sengaja membuat karakter ini tanpa mulut. Alasannya sederhana: agar tidak memiliki ekspresi. "Ini agar orang bisa memproyeksikan perasaan mereka pada wajah Hello Kitty," kata Yamaguchi. Jika orang yang melihat sedang gembira, Hello Kitty akan tampak gembira. Jika yang melihat sedang sedih, Hello Kitty juga akan tampak sedih.
Meski sudah seserius ini, para perancang Hello Kitty bahkan tidak yakin produk ini bisa diterima oleh pasar dalam negeri. "Saat saya memulai, saya bahkan tidak tahu kalau produk ini akan laku di Jepang," kata Yuko Yamaguchi.
Pada 1978, pemasaran Hello Kitty malah menurun. Perancang utama keluar kerja tapi Sanrio nekad terus memproduksi. Akhirnya, pada 1980, Yamaguchi menjadi perancang utamanya.
Di Amerika Serikat, Hello Kitty baru mulai meledak setelah sejumlah selebritas menggunakan produk ini mulai 1997. Sebelumnya, orang Amerika hanya menyebut sebagai "kucing" pada sudah sejak 1976 diperkenalkan.
Sejumlah bintang top Hollywood--dari Heidi Klum sampai Drew Barrymore--juga juga tampak pernah membawa barang dengan gambar imut Hello Kitty di depannya.
Christian Dior atau Anna Sui sempat membuat rancangan terkait Hello Ktty. Perusahaan permata Swarovski membuat boneka Hello Kitty yang bertatahkan berlian dan permata. Fenomena di Amerika Serikat itu baru terulang di Eropa pada 2002.
"Warna Hello Kitty" pun kemudian menjadi populer: merah untuk persahabatan, merah jambu untuk imut, kuning untuk rasa kasih sayang, hijau untuk harapan, dan ungu untuk manis.
Data Hello Kitty
Nama Lengkap: Kitty White
Nama Panggilan: Hello Kitty
Ulang Tahun: 1 November
Golongan Darah: A
Rumah: Pinggiran London
Tinggi: Lima apel
Berat: tiga apel
Kebisaan:Membuat kue
Makanan Fvorit: Pie apel mama
Kata Favorit: Persahabatan
Koleksi: Pernak-pernik, barang imut seperti permen, bintang, atau ikan emas.
Pelajaran Kegemaran: Bahasa inggris, musik, kesenian


YuKi says: "sayang gw baru tau berita ini.... tapi masih ada tahun depan!!!! inget2 ah tanggal 1 november!!! siap2 duit buat beli kitty yg KEREN"
Hello Kitty Sebagai Duta Pariwisata Jepang

HELLO KITTY. Kucing berwarna putih tak bermulut dengan ciri khas pita di daun telinga hasil rancangan Shimizu Ikuko pada tahun 1974 dari perusahaan Jepang bernama Sanrio ini juga nampaknya tak asing lagi bagi siapapun. Pamornya tidak kalah terkenal dari Doraemon. Seperti halnya Doraemon, Hello Kitty juga menjadi salah satu ciri khas budaya Jepang yang laris manis di seluruh dunia. Pada tahun 2004 pernak-pernik Hello Kitty sebanyak kurang lebih 50.000 produk tercatat telah menembus pasar di lebih dari 60 negara di seluruh dunia! Maka tak heran apabila pada tanggal 19 Mei 2008, Menteri Tanah, Infrastruktur, Perhubungan dan Pariwisata Jepang, Tetsuzo Fuyushiba menunjuk Hello Kitty untuk mempromosikan Jepang dan mengundang banyak turis terutama dari China dan Hong Kong. Website Hello Kitty pun sudah berdiri pada akhir Juni 2008 lalu dalam bahasa Mandarin. Melalui website ini, Hello Kitty akan mempromosikan berbagai wilayah tujuan wisata di Jepang. Penunjukan ini juga dilakukan Jepang dalam upayanya mengkampanyekan program ‘Visit Japan Campaign’ (sepertinya mirip dengan ‘Visit Indonesia Year’) yang telah dilaksanakan sejak tahun 2003.
Melalui program ‘Visit Japan Campaign’ ini, Jepang bertekad untuk menarik 10 juta wisatawan setiap tahunnya. Untuk tahun 2007, jumlah turis asing yang berkunjung ke Jepang mencapai rekor tertingginya yakni 8.35 juta orang atau naik sebesar 60% dari tahun 2003. Pada tahun 2007, turis asal China dan Hong Kong mencapai 16,5% dari keseluruhan turis asing yang masuk ke Jepang. Tahun 2008, China dan Hong Kong akan menjadi negara dengan pengunjung turis asing terbanyak kedua setelah Korea Selatan. Penunjukan ini tentu saja akan semakin efektif mengingat China adalah salah satu negara yang terkena demam Hello Kitty. Menanggapi tugas ini, presiden dari perusahaan Sanrio, Shintaro Tsuji, berjanji bahwa Hello Kitty akan bekerja keras untuk menarik minat banyak turis. Sebagai realisasinya, Hello Kitty mengadakan pertunjukan musikalnya yang bertema Hello Kitty’s Dream Light Fantasy dimulai pada tahun 2008 di Beijing selain di Malaysia, Singapura, dan AS dalam jangka waktu tiga tahun.
YuKi says: "keren!!! kayaknya Indonesia harus punya duta pariwisata juga niy.... GATOT KACA,,, mungkin!!!! mmmm...."
baru nyadar kalo hello kitty tak da mulut ....
BalasHapushttp://pernakpernik-lucu.blogspot.com/search/label/Hello%20Kitty